18 November 2010

Kecerobohan saat praktikum (-.-")

hari minggu kmaren gw praktikum properti material,,bikin mix design gitu, atau biasanya dikenal dengan pembuatan beton. H-1 praktikum,gw udah ngitung nih, butuh brapa banyak kerikil,pasir, semen serta air nya..
tapi yg gw itung itu jika keadaan kerikil dan pasir nya bener2 kering. karena malam sebelum praktikum itu ujan,,berarti, air yg harus di tambahkan itu lebih sedikit dari yg kita itung sebelumnya,,jadi airnya mesti lebih dikit,,dan pertamanya di prediksi kita butuh 4kg air.

trus di mulai ni praktikumnya..
pertama-tama,,kita masukkin semmua bahan2 itu ke mesin pengaduknya..
terus di ukur slump nya,,slump itu di liat dari selisih tinggi adonan beton nya,,ama cetakannya (yg biru),,buat ngitung kekentalan dari adonan itu.

nah,,slump yg di inginkan itu 8-10 cm,,tapi yg pertama itu baru 7 cm,,berarti kurang air kan ya..!?
trus ya udah,,gw ambil air pake gelas ukur yg 1000 ml tuh..
trus kakaknya bilang "masukin airnya 200 lagi"
dan informasi yg gw tangkep "masukin air yg gw ambil semuanya,trus ambil 200 lagi"
dengan spontan dan polos tanpa dosa gw tuang aja semua air yg ada di gelas ukur itu,,dan semua anggota kelompok beserta kakak asisten praktikum gw berteriak "yaaah..!!!"
gw pun melongo karena bingung,,emangnya kenapa?ada yg salah..!?
setelah di kasih tau oleh temen gw,,gw baru menyadari ternyata gw miss-understanding,,hhe..

tapi praktikum terus berlanjut,,dan pada saat pengukuran slump,,kalian taulah,,adonannya itu ga kebentuk kaya sebelumnya,,melainkan langsung tergeletak di tatakannya..
sedih deh menyadari praktikum gw sempet gagal gara2 gw,,hiks T.T

trus kakaknya memberikan komando untuk menambahkan komponen2 yg laennya juga,,alhasil gw dkk nimbang2 lagi tu kerikil,pasir,ama semen.setelah semuanya ditimbang,,bahan2 itu di masukin lagi ke mesin pengaduk nya,,dan begitu di ukur slump nya,,PAS 8 cm..!!!
waa,,girang banget gw..!!
\(^o^)/

selanjutnya adonan yg tadi di masukin ke cetakan beton deh, 3 kubus dan 3 silinder,,cz bakal 3 kali ngitung kekuatan tekan dari beton tsb.

untungnya kelompok gw ga mempermasalahkan ke"polos"an gw waktu itu,,dan mereka bersedia untuk ambil +nimbang2 bahan2 beton itu lagi..
huaa,,untung kmaren itu praktikum terakhir gw,,ga lagi2 gw ceroboh kaya gitu deh..

_awhe_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar